Makanan dan Minuman Tak Bermerek Kadaluarsa di Tuban


Berita Tuban - Petugas gabungan dari Dinas Perekonomian dan Pariwisata Kabupaten Tuban bersama dengan Satpol PP dan juga petugas  Kepolisian Polres Tuban melakukan kegiatan razia makanan dan minuman di sejumlah tempat perbelanjaan dan pasar yang ada di wilayah Tuban, Kamis (27/03/2014).

Dalam kegiatan razia makanan dan minuman (Mamin) itu, petgas berhasil mengamankan sejumlah makanan dan mimuman kemasan yang tidak memilki label. Selain itu banyak juga mamin yang tidak ada tanda tanggal kadaluarsa dalam setiap kemasannya dan sudah dalam kondisi kadaluarsa.

"Razia ini kita lakukan untuk meminimalisir peredaran makanan dan minuman yang tak bermerek dan yang kadaluwarsa," ujar Sunaryo, Kasi Metrologi dan Perlindungan Konsumen Dinas Perekonomian dan Pariwisata Kabupaten Tuban.

Lokasi pertama yang menjadi sasaran kegiatan razia tersebut adalah para Pedagang Kaki Lima (PKL) yang menjadi pusat oleh-oleh yang berada di kawasan Mangunggal Selatan, Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Tuban. Dari situ kemudian dilanjutkan ke sejumlah swalayan dan minimarket di kawasan Kota Tuban.

Dari sejumlah lokasi yang dilakukan razia petugas menemukan puluhan jenis makanan kemasan hasil home industri yang yang tidak memiliki label ijin Rumah Tangga (IRT) dari Dinas Perdagangan serta label Departeman Kesehatan (Depkes) dalam setiap kemasannya. Yang paling berbahaya petugas menemukan mamin yang sudah melebihi tanggal kadaluarsa.

"Ada banyak temuan dari hasil razia inim misalnya kemasan rusak bahkan sampai dengan makanan yang sudah masuk kadaluarsa. Barang-barang dagangan yang tidak sesuai dengan aturan kita sita dan kita musnahkan," lanjutnya.

Sunaryo menegaskan, bahwa kegiatan operasi mamin tersebut akan terus dilakukan terutama jika menghadapi hari-hari besar yang memang banyak pedagang yang memanfaatkan momen tersebut untuk menjual makanan yang tidak sesuai dengan aturan. Tujuannya razaia ini dilakukan terutama untuk melindungan konsumen dari peredaran makanan yang sudah dalamkondisi berbahaya. [mut/but]

0 komentar:

Posting Komentar