Minimalisir Kecelakaan dengan Bekali Pelajar Tuban ESQ Riding


Berita Tuban - Berbagai langkah dilakukan oleh petugas kepolisian dari Sat Lantas Polres Tuban guna untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas, baik memakan korban jiwa ataupun korban luka-luka yang sering terjadi wilayah Kabupaten Tuban.

Kali ini, petugas kepolisian dari Sat Lantas Polres Tuban melakukan pembinaan dan penyuluhan 'pelajar pelopor berlalulintas' melalui Emotional Spiritual Quotient (ESQ) Riding dengan mendatangkan tim dari Dikyasa Polda Jatim, Rabu (27/02/2014).

Kegiatan dilakukan di gedung serba guna Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) yang berada di di jalan Mastrip, Kabupaten Tuban. Sebanyak 500 pelajar dari berbadai sekolahan tingkat SMA tersebut nampak antusias mengikuti kegiatan pembinaan ESQ tetang berlalu lintas itu.

"Tujuannya kegiatan ini mengajar para siswa-siswa yang berada di wilayah Tuban ini untuk peduli tentang keselamatan berlalu lintas. Selain itu para pelajar supaya ikut menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas di jalan," terang AKP Yuli Purnomo, Kasat Lantas Polres Tuban.

Pembinaan dan penyuluhan tetang keselamatan berlalu lintas dengan menggunakan metode ESQ tersebut dinilai sangat penting. Pasalnya dalam pembinaan secara spiritual itu para pelajar diajak untuk berfikir secara positif saat berkendara di jalan dengan menggunakan kendaraan.

"Pembekalan secara spiritual ini mengajak para pelajar untuk berfikir positif saat berada di jalan raya. Supaya menjaga ketertiban berlalu lintas dan mengurangi angka kecelakaan di jalan," lanjut Kasat Lantas.

Sementara itu, pembinaan dan penyuluhan tersebut sengaja dilakukan untuk para pelajar yang merupakan masih tergolong usia produktif. Pasalnya berdasarkan data dan analisa bahwa angka kecelakaan terbesar adalah warga masyarakat dengan usia produktif, yakni diantaranya pelajar.

"Kita lakukan sosialisasi ini berdasarkan anev dari angka kecelakaan terbesar dialami usia produktif yakni pelajar dan para remaja. Dan yang kedua adalah wiraswasta, seperti sopir dan pekerja swasta. Makanya kita juga melakukan sosialisasi tentang keselamatan berlalu lintas ini di perusahaan-perusahaan yang ada," pungkasnya. [mut/but]

0 komentar:

Posting Komentar