Peternak Sapi Wahyu Utama Tuban Bertemu SBY


Berita Tuban  - Presiden Republik Indonesia (RI), Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melakukan kunjungan di lokasi peternakan dan pembibitan Sapi Wahyu Utama yang berada di Desa Sukolilo, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban, Kamis (13/03/2014).

Dalam kunjungannya kerjanya itu, Presiden melakukan peninjauan lokasi ternak sapi dari kelompok peternak Sapi tersebut. Tak hanya itu perwakilan dari Peternak Sapi itu curhat kepada presiden terkait harga sapi yang tidak stabil dan banyaknya broker yang merugikan peternak.

"Disaat para peternak mendapatkan hasil yang bagus, kami para peternak ini takut harganya turun. Tolong kami, bagaimana pemerintah berperan untuk menangani masalah ini supaya kami tetap untung," ujar Joko Utomo, selaku Ketua Kelompok Peternak dan Pembibitan Sapi Wahyu Utama itu.

Tak hanya masalah tidak stabilnya harga Sapi, kelompok tani peternak Sapi tersebut juga mengadukan keberadaan Broker atau Blantik Sapi yang justru sering membuat para peternak tidak untung. Karena yang lebih untuk besar adalah Broker itu sendiri.

"Selama ini yang untung adalah Blantik (Broker), sementara petani sapi tidak bisa berbuat apa-apa. Misalnya satu ekor sapi dengan harga 15 juta yang dijual oleh makelar sapi, padahal didapat dari petani hanya dengan harga 12 juta," jelas Joko, saat mengantar SBY mengunjungi peternakan sapi itu.

Menanggapi keluhan dari kelompok peternak Sapi tersebut, Presiden SBY akan segera menindak lanjuti dari keluhan peternak Sapi itu, supaya harga tetap stabil. Presiden juga mengatakan kalau keberadaan broker memang cukup mengganggu keberadaan peternakan. "Broker itu musuh kita bersama," jelas SBY dihadapan peternak dan warga yang ada di lokasi peternakan itu.

Lebih lanjut SBY mengatakan, pemerintah akan menindak lanjuti keluhan peternak dengan berupaya membentuk badan ataupun perusahaan yang bertugas untuk melakukan pemotongan daging dari hasil ternak. "Jadi sapi-sapi dari peternak akan dijual dalam bentuk daging, tidak lagi melalui pedagang sapi," jelas Presiden SBY dalam kunjungan tersebut.

Sementara itu, setelah melihat peternakan Sapi dan melakukan dialog dengan para peternak yang hanya setengah jam itu, rombongan kunjungan Presiden RI tersebut langsung melanjutkan perjalanan. Rencananya SBY bersama rombongan langsung melanjutkan kunjungannya ke Semarang.[mut/kun]

0 komentar:

Posting Komentar