Simulasi Pengamanan Pemilu di Aloon-Aloon Tuban


Berita Tuban - Sebagai langkah antisipasi saat melakukan pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) 2014, jajaran Polres Tuban melakukan simulasi pencegahan tindakan anarkis saat pelaksaan rangkaian pelaksanaan Pemilu, Jumat (28/02/2014).

Dalam simulasi pengamanan pelaksanaan Pemilu yang tinggal beberapa hari lagi itu, Polres Tuban melibatkan anggota Brimob dari Bojonegoro untuk pencegahan kerusuhan saat pelaksanaan penghitungan suara. 

Pantuan wartawan di lapangan, dalam simulasi pengamanan Pemilu yang dilakukan di alun-alun Kota Tuban itu, petugas dari jajaran Polres Tuban memperagakan pengamanan mulai dari pelaksanaan kampanye yang dilakukan oleh para Caleg maupun partai Politik. 

"Ini sebagai sarana latihan bagi kita untuk menghadapi tahapan pelaksanaan Pemilu 2014 ini. Kita juga mengundang dari KPU, Panwas, dan juga perwakilan Parpol untuk melihat tahapan dalam pelaksanaan pengamanan pemilu," terang AKBP Ucu Kuspriyadi, Kapolres Tuban saat berada di alun-alun Tuban.

Dalam Sispam tersebut, anggota dari Polres Tuban juga mempertunjukan kemampuan anggota untuk menangani perampasan kotak suara yang di rampas orang tidak dikenal. Selain itu juga diperagakan penanganan massa yang anarkis dan melakukan pembakaran sejumlah pertokoan.

"Kita lakukan simulasi ini, bagaimana melakukan penanganan mulai dari tahapan awal Pemilu. Mulai tahapan kampanye, penanganan massa yang berbuat anarkis dan sampai selesainya tahapan pemilu," lanjut Kapolres Tuban setelah kegiatan tersebut.

Selain itu, dalam adegan simulasi pengamanan Pemilu 2014 itu juga terdapat anggota dari Panwas yang di sandera oleh kelompok peserta pemilu yang tidak terima dengan kekalahan. Sehingga petugas menerjunkan tim khusus dari Brimob untuk membebaskan sandera.

Peragaan kegiatan simulasi tersebut berjalan sekitar satu jam lebih, dalam memperagakan pengamanan itu petugas menerjunkan peralatan lengkap, mulai mobil Water Canon serta peralatan lainnya. Kegiatan simulasi itu disaksikan oleh jajaran Forpimda Kabupaten Tuban, perwakilan Partai Politik (Parpol)  serta sejumlah warga yang berkumpul di alun-alun Kota Tuban.[mut/kun]

0 komentar:

Posting Komentar