2 Ular Sanca ditangkap di Grabagan Tuban


Berita Tuban - Sejumlah warga dari Desa Ngandong, Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban digegerkan dengan adanya teror ular Sanca atau yang biasa dikenal dengan nama ular Sowo Kembang yang sering masuk di area pemukiman, Sabtu (31/05/2014).

Untungnya, kini dua ekor ular yang memiliki panjang masing-masing sekitar 5 meter itu berhasil ditangkap warga. "Ini sangat membahayakan bagi ternak-ternak warga, karena sudah masuk ke pemukiman. Kalau dari ukuran ini sudah bisa memangsa kambing," terang Andik, salah satu warga desa tersebut.

Dua ular Sanca yang berhasil  ditangkap oleh warga tersebut memiliki ukuran sebesar paha orang dewasa. Penangkapan dilakukan oleh warga yang mengetahui ular tersebut masuk ke area pemukiman tempat tinggal warga desa tersebut.

"Kemungkinan ular ini keluar dari tempat persembunyiannya saat menjelang musim kemarau ini. Biasanya kalau musim sudah mau musim kemarau banyak ang keluar," terang Tarji (52), warga yang menangkap ular tersebut.

Selain dua ular Sanca berukuran besar yang telah berhasil ditangkap dalam minggu ini, warga juga telah berhasil menangkap ular lainnya. Selama setahun ini warga sedikitnya telah menangkap lima ular yang sering meneror pemukiman warga itu.

"Sudah ada lima ular yang ditangkap selama tahun ini. Kita menangkapnya saat ular itu keluar dari sarangnya yang ada di perbukitan kapur, mungkin jumlahnya masih banyak lagi," ungkap Tarji, sambil menunjukkan ular Sanca itu.

Sejumlah warga yang ada di desa tersebut mengaku jika tidak akan membunuh dua ular Sanca yang berhasil ditangkap. Mereka mengaku akan merawat ular tersebut, tetapi kalau ada yang mau merawat untuk kebun binatang atau yang lainnya akan diserahkan secara suka rela.[mut/kun]

0 komentar:

Posting Komentar