Kabupaten Tuban Butuh Tenaga Dokter dan Perawat

Foto ilustrasi. 

Berita Tuban - Banyaknya jumlah pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) dan polindes yang tersebar di wilayah Kabupaten Tuban ternyata masih kekurangan jumlah tenaga medis untuk bertugas.

Jika dihitung berdasarkan jumlah penduduk yang ada, wilayah Tuban masih kekurangan sekitar 247 tenaga medis dari sebanyak 846 orang tenaga medis yang dibutuhkan untuk bertugas di puskemas dan juga polindes.

"Sampai sekarang ini kita masih kekurangan tenaga medis. Kekurangan itu baik untuk tenaga dokter maupun perawat untuk puskesmas yang ada," terang Saiful Hadi, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Tuban, Kamis (28/08/2014).

Syaiful menjelaskan, sesuai dengan standar pelayanan dalam setiap puskesmas saja paling tidak yang dibutuhkan adalah lima tenaga kesehatan. Yakni mulai dari tenaga perawat, tenaga laborat, bidan, tenaga penyuluh hingga tenaga administrasi. 

"Meski kekurangan terkait ketenagaan, kita tidak bisa sembarangan melakukan perekrutan walaupun ada banyak lulusan dari pendidikan kesehatan di Kabupaten Tuban. Kita tidak bisa langsung mengangkat begitu saja," lanjut Syaiful.

Sementara itu, meski mengalami kekurangan ratusan tenaga dokter dan perawat untuk Puskesmas, dalam perekrutan tenaga pemerintah Kabupaten Tuban tahun ini Dinkes hanya mendapatkan kuota sembilan orang saja. Yakni empat dokter untuk rumah sakit, empat medis untuk Puskesmas dan satu tenaga administrasi. [mut/but]

0 komentar:

Posting Komentar