Alas Jati Pakah Tuban Kebakaran


Berita Tuban - Memasuki musim kemarau kebakaran selalu mengancam kawasan hutan Jati yang berada di wilayah Kabupaten Tuban. Selama satu bulan ini sedikitnya sudah terjadi tiga kali terjadinya kebakaran di hutan.

Seperti yang terjadi di kawasan hutan Jati Pakah, Desa Gesing, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Jumat (29/08/2014). Kebakaran hutan tersebut mengakibatkan puluhan hektare tanaman yang berada di kawasan hutan tersebut mati dan ludes dilalap si Jago Merah.

Dari informasi yang dihimpun wartawan di lapangan, kebakaran hutan di alas tersebut sudah terjadi sejak kemarin sore. Namun sampai dengan hari ini api masih membesar dan membakar tanaman yang ada di hutan.

"Kemarin pas saya lewat sudah kelihatan asapnya itu. Sampai sekarang apinya juga belum mati," terang Yusti, salah satu warga yang melintas di sekitar hutan jati tersebut.

Kondisi dedauan yang kering dan banyaknya ranting serta tiupan angin yang kencang membuat api dengan cepat membesar. Sehingga dalam sekejap saja api langsung menghanguskan hektaran tanaman yang ada di hutan milik Perhutani itu.

"Saya lihat tadi tidak ada petugas yang terlihat memadamkan api. Untungnya ini jauh dari pemukiman warga," ujar Juli, warga yang berada di sekitar hutan tersebut.

Belum diketahui pasti apa penyebab dari kebakaran yang terjadi di kawasan hutan tersebut. Pasalnya hampir setiap musim kemarau kawasan hutan itu selalu terbakar dan membuat tanaman yang masih kecil mati.

"Beberapa hari kemarin yang kebakaran malah pas pinggir jalan raya pantura mas. Jadinya asapnya sampai menganggu kendaraan yang melintas," ungkap warga sekitar hutan jati tersebut. [mut/but]

0 komentar:

Posting Komentar