Bulan Juni Harga Sembako di Tuban Merangkak Naik


Berita Tuban - Meski bulan suci Ramadhan atau bulan puasa masih kurang tiga minggu lebih nampaknya sudah berimbas pada kenaikan sejumlah bahan pokok yang ada di wilayah Kabupaten Tuban, Selasa (03/06/2014).

Dari informasi yang dihimpun wartawan, menjelang bulan puasa tahun ini, sejumlah kebutuhan dapur yang mulai merangkak naik diantaranya bawang merah, bawang putih, telur dan juga lainnya. Namun belum diketahui pasti apa penyebab dari kenaikan harga kebutuhan dapur itu.

"Dari para pemasok harga-harga sudah mulai naik mas, tapi belum tahu kenapa. Makanya disini juga mulai naik sejak beberapa hari ini," terang Wahyuni (35), salah satu pedagang di pasar baru Tuban.

Harga kebutuhan dapur yang terjadi di wilayah Tuban tersebut mulai dari Rp 3.000 sampai dengan Rp 5.000 perkilogramnya. Seperti harga telur yang sebelumnya Rp 15 ribu perkilo sekarang ini menjadi Rp 18.500 perkilogramnya.

Keniakan tertinggi terjadi pada harga bawang merah, jika sebelumnya hanya kisaran Rp 10 perkilo kini naik menjadi Rp 15 ribu. Untuk bawang putih kini menjadi Rp 13 ribu perkilo mengalami kenaikan dari sebelumnya yang hanya kisaran Rp 10 ribu dan untuk harga cabai juga ikut mengalami kenaikan, jika sebelumnya harganya mengalami anjlok.

"Untuk cabe keriting sekarang juga sudah mulai naik harganya mas, kemarin sempat hanya lima ribu perkilonya. Sekarang sudah naik menjadi kisaran delapan ribu rupiah perkilonya," lanjutnya.

Sejumlah warga mengaku kawatir jika kenaikan harga kebutuhan dapur itu terus mengalami kenaikan. Pasalnya jika sebelum puasa saja sudah mengalami kenaikan yang tinggi dapat dipastikan saat menjelang lebaran kenaikan akan lebih besar lagi.

"Kalau sekarang sudah mulai naik apalagi menjelang hari raya nanti. Kami berharap supaya pemerintah bisa mengontrol kenaikan harga-harga kebutuhan ini, kalau naik terus masyarakat kecil yang susah," tutur Siti Aminah, seorang ibu rumah tangga yang sedang berbelanja di pasar baru. [mut/but]

0 komentar:

Posting Komentar