Pantai Cemara Tuban Gundul Sebabkan Abrasi


Berita Tuban - Kondisi pantai yang berada di pesisir utara Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban yang biasa digunakan untuk tempat rekreasi keluarga saat hari libur terancam punah.

Pasalnya, kondisi pantai yang berada di barat terminal baru, Kabupaten Tuban mengalami alami. Hal tersebut dikarenakan pohon cemara sebagai penahan gelombang dari laut utara tersebut banyak yang mati akibat di tebang.

Pantuan wartawan di lapangan, kerusakan tanaman cemara laut yang ada di kawasan pantai Sugihwaras, Kabupaten Tuban itu sudah terjadi sejak sekitar satu bulan lebih. Nampaknya pohon penahan gelombang tersebut sengaja di tembang oleh orang tidak bertanggungjawab. 

"Mungkin ini senaga ditebang kalau melihat dari potongan kayunya, seperti habis digergaji," terang Candra (28), pengunjung pantai Sugihwaras, Kecamatan Jenu, Kota Tuban, Minggu (01/06/2014).

Puluhan pohon cemara yang mati tersebut kemudian langsung tumbang beserta dengan akarnya saat tergerus gelombang pasang. Sehingga membuat pantai tersebut mengalami abrasi hinggi beberapa meter sejak sekitar satu bulan lebih.

"Dulu saya pernah kesini pohon cemaranya masih banyak, tapi sekarang sudah tinggal dua baris saja. Jadi sangat disayangkan kalau sampai pantainya habis," lanjut Ifan, pengunjung asal Bojonegoro.

Belum diketahui pasti siapa yang menebang dan mengambil kayu dari pohon cemara laut yang ada di tepi pantai tersebut hingga mengakibatkan abrasi. Jika hal tersebut terus terjadi dapat dipastikan pantai tersebut akan mengalami abrasi sampai pinggir jalan pantura.[mut/kun]

0 komentar:

Posting Komentar