Pemkab Tuban Siap Hadapi Kemarau 2014


Berita Tuban - Pemerintah Kabupaten Tuban sudah siap untuk melakukan droping air bersih pada musim kemarau kali ini yang sudah mengancam sejumlah kecamatan di Kabupaten Tuban akan terjadinya kekeringan dan kekurangan air bersih, Rabu (20/08/2014).

Hal tersebut sebagaimana diungkapkan oleh Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Husain, yang menyatakan bahwa Pemkab Tuban melalui Dinas PU, PDAM dan juga BPBD telah melakukan koordinasi untuk memberikan pelayanan air bersih kepada warga masyarakat yang kesulitan air bersih saat musim kemarau.

"Kami sudah persiapkan Dinas PU, PDAM dan BPBD sebagai penyedia air bersih. Kami sudah intruksikan kepada pihak terkait untuk selalu siap jika ada permintaan air bersih," terang Noor Nahar Husain, Wakil Bupati Tuban.

Menurut Wabup, pada setiap musim kemarau yang menjadi kebutuhan warga masyarakat adalah air untuk memasak, mandi, mencuci maupun untuk minum. Sehingga pihak Pemkab Tuban juga telah berupaya untuk mengatasi kekurangan air bersih di beberapa wilayah sejak tahun 2012 yang lalu.

"Beberapa desa yang kering, sebelumnya memang sudah mendapat air melalui pembangunan sumur bor. Itu sudah kita lakukan sejak tahun 2012 lalu," lanjutnya.

Wabup menjelaskan, untuk memenuhi kebutuhan air bersih di puluhan desa yang mengalami kekeringan saat kemarau dan masih belum bisa dilakukan pembuatan sumur bor, Pemkab Tuban telah memberikan bak penampoungan air (Bul) yang disalurkan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban.

"Untuk desa atau kecamatan yang memang tidak ada sumber air dan tidak bisa dilakukan pembuatan sumur bor dalam waktu dekat, sementara akan kita droping air bersih," ungkap Wabup.

Sementara itu, untuk saat ini pihak Pemerintah Kabupaten Tuban telah memetakan wilayah yang memang rawan terjadinya krisis air. Sedikitnya ada 44 desa dari tujuh kecamatan di Kabupaten Tuban yang memiliki potensi kekurangan air bersih saat musim kemarau.[mut]

0 komentar:

Posting Komentar