Waspada Kerusuhan, Jemput Haji Tuban dibatasi 1 Orang



Berita Tuban - Guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti saling berdesakan dan saling dorong saat kepulangan jamaah haji, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban telah membatasi untuk orang yang menjemput jamaah haji.

Dalam pejemputan jamaah haji yang dijadwalkan tiba di Tuban pada tanggal 1 November besuk itu, pihak Kemenag Tuban telah membatasi bahwa satu Jamaah Haji yang datang hanya dijemput oleh satu orang saja. Yang mana satu orang yang akan menjemput jamaah haji itu akan mendapatkan tanda pengenal dari panitia.

"Ini kami terapkan supaya tidak ada barang-barang milik jamaah haji yang hilang atau tertukar. Selain itu supaya kedatangan jamaah haji berjalan aman dan lancar," terang Abdul Ghofar, Kasi Haji dan Umroh Kemenag Tuban, Jumat (31/10/2014).

Kedatangan rombongan para jamaah haji asal Kabupaten Tuban tersebut akan ditempatkan di lapangan Kompi Senapan C 521 Tuban. Mereka satu orang penjemput yang mendapat kartu tanda pengenal bisa masuk ke area lapangan Kompi Senapan C untuk menjemput keluarganya.

"Selain yang menggunakan tanda pengenal tidak boleh masuk ke dalam lapangan tempat jamaah haji turun. Kalau ada keluarga lain yang ikut menjemput harus menunggu di luar lapangan," lanjutnya.

Selain itu untuk memastikan supaya tidak ada barang-barang milik para jamaah haji yang telah tiba di Tuban itu tertukar maupun hilang, keluarga jamaah yang akan mengambil barang-barang milik jamaah juga harus menunjukkan tanda pengenal. Yang mana nama harus sesuai dengan barang yang akan diambil.

"Kami telah melakukan koordinasi dengan semua pihak terkait untuk kedatangan jamaah haji ini. Baik Dinas Perhubungan, Kepolisian dan juga pihak keamanan lainnya untuk mengantisipasi kemungkinan yang ada," tegas Ghofar.

Sementara itu, untuk kedatangan jamaah haji Kabupaten Tuban tidak secara bersamaan seperti tahun sebelumnya. Pasalnya untuk jamaah haji kloter 54 akan tiba di Tuban pada hari Sabtu dan untuk kloter 55 baru akan datang di Tuban pada hari Minggu 2 November 2014 lusa.[mut/ted]

0 komentar:

Posting Komentar