BPBD Tuban Latihan bersama Sabhara untuk Evakuasi Banjir


Berita Tuban - Puluhan petugas dari Satuan Sabhara Polres Tuban bersama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban melakukan latihan bersama untuk penanganan bencana banjir dan juga bencana laut.

Latihan tersebut dilakukan bersam-sama di kawasan pantai Desa Sugihrawas, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Hal itu bertujuan untuk melatih kemampuan anggota dan mensingkronisasi antara anggota Polisi bersama BPBD dan juga TNI dalam penanganan bencana, Senin (01/12/2014).

"Kami melakukan latihan bersama ini untuk mengsikronisasi dalam penanggulangan bencana di lapang. Sehingga saat melakukan penanggulangan bencana tidak cangung, karena sudah tahu tugas masing-masing," jelas AKP Yani Susilo, Kasat Sabhara Polres Tuban.

Dalam latihan tersebut, sedikitnya 60 anggota dari Sabhara Polres Tuban bersama BPBD tersebut melakukan latihan penanganan bencana banjir. Karena saat ini sudah mulai musim penghujan dan rawan terjadinya banjir di beberapa kecamatan yang ada di sekitar aliran Bengawan Solo.

"Latihan bersama untuk  penanggulangan bencana banjir baru kita lakukan pertama kali ini. Kita melakukan latihan meliputi penyelamatan korban tenggelam saat banjir ataupun di laut, seperti akibat kapal tenggelam," lanjutnya.

Adapun untuk materi latihan bersama untuk penanggulangan bencana banjir dan bencana di laut tersebut anggota diberikan pengenalan untuk menggunakan alat-alat yang digunakan untuk evakuasi. Yakni mulai dari pemakaian perahu karet, peruntukan dan juga kelemahannya.

"Latihan bersama ini akan kita lakukan secara rutin. Tentunya dengan materi-materi yang berbeda, termasuk latihan selam," pungkas Kasat Sabhara.[mut/kun]

0 komentar:

Posting Komentar