Media Edutainment JOB PPEJ Tuban


Berita Tuban - Pada tahun 2015, Joint Operating Body Pertamina Petrochina East Java (JOB PPEJ) akan terus berupaya meningkatkan produksi minyak pada sumur-sumur yang berada di lapangan Sukowati, Bojonegoro dan lapangan Mudi yang ada di Kabupaten Tuban.
"Sumur-sumur itu secara alamiah sedang mengalami penurunan, namun dengan segala kemampuan dan pengalaman, JOB PPEJ akan berupaya bisa mempertahankan produksi. Bahkan berupaya untuk meningkatkan kembali produksinya," kata Akbarsyah, General Manager  JOB PPEJ disaat memberi sambutan pada acara Media Edutainment & Field Visit 2014 di Surabaya, Rabu (10/12/2014) kemarin.

Dalam kesempatan itu, Akbarsyah menjelaskan, pada tahun 2012 produksi dari sumur-sumur yang ada di Sukowati dan Mudi bisa mencapai 40,321 bopd (barrel oil per day). Namun pada tahun 2013 turun menjadi 33/114 bopd dan pada November 2014 rata-rata produksi kembali turun menjadi 25.244 bopd.

"Hingga akhir Desember produksi kita perkirakan rata-rata mencapai 25.105 bopd. Kita lihat, meski kami sudah berupaya menahan arus penurunan alamiah lewat perawatan pada sumur-sumur yang kini masih berproduksi, tetapi tren produksi masih terus turun," lanjutnya.

Untuk bisa kembali meningkatkan produksi sangat bergantung pada keberhasilan kegiatan pencarian cadangan baru dan pengeboran sumur produksi baru. Sementara untuk usaha mencari cadangan baru dan pengeboran, pihak JOB PPEJ berharap bisa mendapat dukungan dari seluruh pemangku kepentingan yang ada di Tuban dan Bojonegoro, termasuk insan media.

"Saya yakin, semua masalah itu akan lebih mudah kami atasi jika kami mendapat dukungan dari media. Media  bukan hanya menyampaikan aspirasi masyarakat, tetapi juga bisa berperan mengedukasi masyarakat atas arti penting kegiatan eksplorasi dan eksploitasi bagi peningkatan kedaulatan energi nasional," harap Akbarsyah dalam kegiatan tersebut.

Ia menegaskan upaya meningkatan kembali produksi di sumur-sumur Sukowati dan Mudi harus terus diupayakan karena kebutuhan produksi minyak nasional terus meningkatkan. Sebagai salah satu KKKS yang mendapat amanah mengelola lapangan Sikowati dan Mudi, JOB PPEJ berkeinginan ikut berkontribusi pada peningkatan kedaulatan energi nasional.

Namun, upaya untuk menemukan cadangan baru maupun melakukan eksploitasi pada sumur baru bukan hanya menyangkut masalah teknis saja. Tetapi juga menyangkut masalah perizinan dan masalah sosial.

"KKKS, termasuk JOB PPEJ tidak bisa berkerja sendiri. Pemerintah bahkan telah mengeluarkan Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2012. Karena itulah kami sangat membutuhkan dukungan dari teman-teman wartawan bagaimana kegiatan kami bisa mendapat dukungan dari seluruh pemangku kepentingan," pungkasnya.[mut]

0 komentar:

Posting Komentar