Hujan Deras Grabagan Tuban Banjir


Berita Tuban - Hujan lebat yang terjadi di wilayah Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban sekitar kurang dari satu jam mengakibatkan banjir bandang, Sabtu (28/02/2015).

Banjir bandang membuat akses ruas jalan penghubung antar kecamatan di wilayah Kabupaten Tuban itu terputus. Pasalnya sekitar 20 meter jalan poros kecamatan itu berubah menjadi seperti sungai dengan arus yang deras.

Pantauan wartawan di lapangan, akses jalan yang terputus akibat banjir dari perbukitan itu berada di Desa Grabagan, Kecamatan Grabagan, Tuban. Ketinggian air di jalan tersebut mencapai sekitar setengah meter dengan arus yang deras.

"Kalau hujan deras kondisi memang seperti ini. Biasanya juga bisa lebih parah dan lebih besar dari sekarang," ujar Abdullah, salah satu warga yang ada di lokasi tersebut.

Arus banjir sempat nyaris menyeret pengguna jalan yang sedang melintas. Pasalnya saat sejumlah pengendara motor melintas air dengan warna kecokelatan tersebut tiba-tiba datang lebih deras.

"Tadi sejumlah pengendara motor nekad untuk menyeberang banjir itu  sampai nyaris terseret arus deras. Beruntung banyak warga di sekitar lokasi dan berhasil ditolong," lanjut Aly, pemuda yang kebetulan akan melewati jalan tersebut.

Untuk menghindari banjir yang memutuskan akses jalan poros kecamatan, para pengendara motor dari Kota Tuban yang akan ke Kecamatan Rengel harus putar mencari jalan lain. Sejumlah pengendara yang nekad melintas terpaksa mendorong motornya karena mesinnya mogok terendam air.

"Kalau banjir seperti ini biasanya paling tidak setengah jam airnya baru surut. Apalagi hujannya deras dan lama, banjirnya juga lama," papar Nur, yang ikut membantu pengguna jalan yang motornya mogok di tengah banjir.

Warga menuding jika banjir yang memutuskan akses jalan raya tersebut akibat sempitnya saluran drainase dan juga terlalu derasnya air banjir bandang. Sehingga air kiriman dari pegunungan yang semakin gundul karena tidak ada tanamannya langsung meluber ke jalan raya tidak tertampung oleh drainase. [mut/but]

0 komentar:

Posting Komentar