MOS Tewaskan Siswi SMAN Plumpang Tuban


Berita Tuban - Tewasnya Dewi Retno Wulandari (15), pelajar SMAN Plumpang, Kabupaten Tuban yang diduga akibat kelelahan saat mengikuti kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS) di sekolah tersebut menyisakan duka yang mendalam bagi keluarga korban dan juga para tetangga, Selasa (04/08/2015).

Pasalnya pelajar anak pertama pasangan dari Jalil (52) dengan Istikomah (49), warga Desa Cangkring, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban itu terkenal sebagai anak yang rajin dan juga pendiam. 
Selama ini korban selalu aktif dan tidak pernah membolos sekolah waktu masih duduk di bangku SMP.

"Anaknya rajin, tidak pernah mengeluh. Bahkan waktu SMP juga aktif dan tidak pernah bolos," ungkap Jalil, ayah pelajar yang diduga tewas kelelahan setelah ikut kegiatan MOS itu.

Menurut Jalil, bahwa korban tidak pernah menceritakan apa yang terjadi selama pelaksanaan MOS yang dilakukan selama tiga hari di sekolah ia baru masuk itu. Namun selama tiga hari MOS, Wulandari disuruh membuat dan memakai baju yang terbuat dari sak yang biasa digunakan untuk tempat beras.

"Waktu MOS itu disuruh pakai baru dari sak sama topi yang kayak orang wisuda. Tapi di sekolahan kegiatannya apa dia tidak pernah cerita," cerita Ayah kandung pelajar tersebut sambil menahan tangis.

Sementara itu, Suparlin yang merupakan Kepala SMAN Plumpang, Kabupaten Tuban membantah jika salah satu siswinya itu tewas akibat kelelahan dan mengalami drop setelah mengikuti kegiatan MOS. Pasalnya kegiatan MOS di sekolah tersebut hanya berlangsung selama tiga hari saja, mulai Senin sampai dengan hari Rabu minggu kemarin.

"Sebenarnya begini ananda ini sudah di luar MOS, kegiatan MOS hanya tiga hari saja, Senin, Selasa dan Rabu. Waktu Hari Jumat, ada bersih-bersih kelas, ananda ini merasa kecapekan dan kemudian diantar guru kami pulang," terang Suparlin, Kepala Sekolah (Kepsek) SMAN Plumpang, Tuban.

Suparlin, saat berada di rumah duka itu menjelaskan jika dalam kegiatan MOS SMAN Plumpang itu tidak ada kegiatan perpeloncoan. Sedangkan untuk para siswa kelas 10 yang baru masuk itu kegiatannya dikatakan dilakukan secara full di dalam ruang kelas. 

"MOSnya dilakukan full di dalam kelas, yang kelas sepuluh itu di lapangan hanya waktu upacara. Tidak membawa apa-apa, tidak membawa tas tertentu, hanya pakai baju itu," lanjut Suparlin.

Seperti diberitakan sebelumnya, Dewi Retno Wulandari (15), seorang pelajar SMAN Plumpang, Kabupaten Tuban meninggal dunia diduga akibat mengalami kelelahan setelah mengikuti kegiatan MOS di sekolah itu. Korban meninggal dunia di rumah sakit umum Kabupaten Tuban setelah dua hari mendapatkan perawatan medis.[mut/ted]

0 komentar:

Posting Komentar