Bulan Oktober Korban Kecelakaan Tuban 28 Orang



Berita Tuban - Angka kecelakaan lalu lintas yang terjadi di sepanjang jalan di wilayah Kabupaten Tuban pada bulan Oktober 2014 kemarin mengalami peningkatan yang signifikan baik dari segi jumlah korban jiwa maupun peristiwanya, Rabu (05/11/2014).

Data yang dihimpun, selama kurun waktu satu bulan tersebut sebanyak 28 orang tewas di jalur Pantura Tuban maupun jalan kabupaten akibat mengalami kecelakaan lalu lintas. Sedangkan pada bulan September 2014 kemarin korban tewas akibat kecelakaan sekitar 17 orang.

"Memang untuk bulan Oktober kemarin jumlah angka kecelakaan mengalami peningkatan dari pada bulan sebelumnnya. Total kejadian Laka 119 TKP," terang AKP Muhammad Fakih, Kasat Lantas Polres Tuban.

Dari 119 peristiwa kecelakaan lalu lintas yang terjadi di wilayah Kabupaten Tuban sebagian besar melibatkan sepeda motor. Yakni untuk sepeda motor yang terlibat dalam kecelakaan itu sebanyak 140 kendaraan, mobil penumpang 20 kendaraan dan mobil barang 39 kendaraan.

"Sebagian besar kecelakaan melibatkan pengendara sepeda motor. Sedangkan untuk yang melibatkan bus ada tujuh kendaraan," lanjutnya.

Sementara itu, salah satu yang menjadi penyebab utama dalam kecelakaan di wilayah Kabupaten Tuban tersebut adalah akibat dari pengemudi yang lengah dan kurang memperhatikan kondisi arus lalu lintas di depannya. Yang mana kelengahan pengemudi mendominasi terjadinya kecelakaan di Tuban.

"Faktor lainnya adalah pengemudi tidak tertib dalam berlalu lintas. Misalnya melanggar marka jalan atau kebut-kebutan, serta ada juga yang mengantuk," ujar AKP Faqih, yang juga pernah menjabat Kanit Laka Polres Tuban itu.

Dengan banyaknya angka kecelakaan yang terjadi, petugas dari Sat Lantas Polres Tuban terus melakukan sosialisasi dan juga penindakan terhadap kendaraan yang menimbulkan kerawanan kecelakaan untuk menekan jumlah kejadian Laka lantas.

"Kita sudah melakukan berbagai upaya untuk menekan angka kecelakaan di Tuban ini. Termasuk memberikan sosialisasi para pengemudi dari perusahaan angkutan supaya lebih mengutamakan kesemalatan dalam berlalu lintas," pungkasnya.[mut/kun]

0 komentar:

Posting Komentar