DPRD Tuban Awasi SPBU


Berita Tuban - Sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tuban dari komisi B yang membidangi Perekonomian melakukan sidak sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), Selasa (04/11/2014).

Kegiatan kerja sidang anggota DRPR Tuban di sejumlah SPBU tersebut untuk melakukan antisipasi pencegahan kemungkinan adanya penimbunan Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi menjelang rencana kenaikan harga bahan bakar tersebut pada bulan ini.

Sejumlah anggota dari Komisi B DPRD Tuban itu mendatangi satu persatu SPBU yang ada di jalur Pantura Tuban dengan melakukan pengecekan situasi SPBU. Termasuk salah satunya SPBU Dasin yang ada di jalan Tuban-Semarang, Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu, Tuban.

"Kami melakukan sidak ini untuk melakukan antisipasi adanya kecurangan jelang rencana pemerintah menaikkan harga BBM," terang Cancoko, salah satu anggota Komisi B DPRD Tuban.

Hasil sidak yang dilakukan secara acak di sejumlah SPBU yang ada di jalur Pantura Tuban tersebut sejumlah anggota wakil rakyat tersebut tidak menemukan adanya indikasi kecurangan yang dilakukan pihak SPBU. Pasalnya aktivitas pengisian BBM terlihat lancar dengan pembelian secara normal.

"Kami melihat dari sidak secara acak di sejumlah SPBU memang terlihat lancar dan belum kami temukan indikasi kecurangan. Secara pasokan maupun penjualan masih terlihat lancar," sambung politisi partai Demokrat tersebut.

Cancoko memaparkan, jika selain untuk melakukan antisipasi adanya penimbunan BBM secara besar-besar, sidak tersebut juga untuk memastikan bahwa pasokan BBM masih tetap normal dan tidak ada pengurangan. Pasalnya menjelang kenaikan biasanya ada pembelian jumlah besar yang dilakukan masyarakat sebelum keniakkan.

"Kuota BBM sebelum kenaikkan itu sangat penting, sebab kebiasaan akan terjadi kepanikan di masyarakat dan mereka memborong BBM. Jangan sampai ada penimbunan besar-besaran oleh spekulan untuk mendapatkan keuntungan pribadi. Makanya kami minta SPBU supaya tidak melayani pembelian dengan jurigen," pungkasnya. [mut/but]

0 komentar:

Posting Komentar