Perpanjangan SIM Polres Tuban Ramai


Berita Tuban - Permintaan proses perpanjangan maupun pembuatan baru Surat Ijin Mengemudi (SIM) di Polres Tuban mengalami peningkatan yang sangat drastis setelah libur panjang selama Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriyah tahun ini, Kamis (23/07/2015).

Sejak dibuka selama dua hari setelah libur lebaran tahun 2015 ini, ratusan warga langsung membludak untuk mengurus perpanjangan SIM. Rata-rata mereka yang melakukan perpanjangan SIM itu merupakan warga yang setiap harinya bekerja di luar Kabupaten Tuban.

Pantauan beritajatim.com, ratusan warga yang ingin melakukan pengurusan SIM baru atau perpanjangan harus rela untuk mengantre. Bahkan beberapa warga harus berdiri lantaran tempat duduk di ruangan pembuatan SIM di Polres Tuban itu sudah tidak mampu menampung ratusan warga yang berramai-ramai melakukan perpanjangan.

"Memang setelah libur lebaran ini permohonan pembuatan SIM sangat ramai. Mungkin mereka memanfaatkan waktu pulang kampung untuk perpanjangan SIM," terang AKP Muhammad Fakih, Kasat Lantas Polres Tuban.

Pada hari pertama buka pelayanan pembuatan SIM hari Rabu (22/07/2015) kemarin, tercatat sebanyak 399 warga Kabupaten Tuban yang melakukan pembuatan SIM di Polres Tuban. Dari jumlah tersebut sebagian besar adalah permohonan perpanjangan.

"Lebih dari delapan puluh persen adalah permohonan perpanjangan SIM. Ini sangat meningkat jauh dibandingkan dengan hari-hari biasa," lanjut Kasat Lantas.

Salah satu warga yang mengaku rela untuk antre panjang dalam melakukan perpanjangan SIM adalah lantaran memanfaatkan libur lebaran. Pasalnya jika tidak libur lebaran mereka sulit untuk pulang kampung guna mengurus atau melakukan perpanjangan SIM.

"Karena harus kerja ke Kalimantan, makanya ini saya perpanjang dulu mumpung libur di rumah. Aslinya masa berlakunya masih sekitar setahun, tapi kan jarang pulang," ujar Muhtarom, salah satu warga yang melakukan permohonan perpanjangan SIM di Polres Tuban.

Sementara itu, sejak dua hari terakhir ini Polres Tuban sendiri mengalami kehabisan material pembuatan SIM. Sehingga mereka yang melakukan pengurusan SIM baik baru atau perpanjangan baru bisa mengambil SIM pada hari Sabtu lantaran menunggu material SIM datang.[mut/ted]

0 komentar:

Posting Komentar